RANCANG BANGUN SISTEM PEMINJAMAN MESIN DI BENGKEL MEKANIK POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANGKA BELITUNG BERBASIS WEBMESIN

Authors

  • Mawar Jingga Ing Purwani Jurusan Teknik Elektro dan Informatika
  • Yang Agita Rindri Jurusan Teknik Elektro dan Informatika
  • Irwan Jurusan Teknik Elektro dan Informatika

Keywords:

system, machine borrowing, worksho, web

Abstract

Bengkel Mekanik Polman Negeri Babel adalah tempat para mahasiswa melakukan praktek mesin. Di Bengkel Mekanik, mahasiswa dan dosen dapat meminjam mesin untuk keperluannya. Di dalam Bengkel Mekanik, terdapat banyak mesin dengan tipe yang berbeda, contohnya ada mesin Bubut, mesin Frais serta mesin yang lainnya. Proses peminjaman mesin di Bengkel Mekanik Polman Negeri Babel masih dilakukan secara manual, yakni dengan melakukan pencatatan peminjaman menggunakan kertas. Hal ini mengakibatkan proses peminjaman menjadi tidak efektif dan proses pelaporan peminjaman menjadi lebih sulit dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan dalam proses peminjaman mesin di Bengkel Mekanik Polman Negeri Babel melalui pengembangan Sistem Peminjaman Mesin di Bengkel Mekanik Berbasis Web. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan model waterfall di mana pengembangan sistem diawali dengan proses analisis, perancangan, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan. Hasil penelitian berupa Sistem Peminjaman Mesin di Bengkel Mekanik Berbasis Web. Sistem yang dikembangkan diuji dengan menggunakan metode blackbox testing dan kesesuaian sistem dengan user requirement diujikan ke user untuk mendapatkan user accaptance. Hasil pengujian menunjukkan kesesuaian sistem terhadap masing-masing user.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adwiya, R. (2021). Sistem Informasi Peminjaman dan Pengembalian Buku Berbasis Web pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Jurnal Informatika Kaputama, Vol 5.

Alawiyah, T., & dkk. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Peminjaman Barang Milik Negara (SIPIRMIRA) pada KPKNL Tasikmalaya. Jurnal Sains dan Manajemen, Vol 9.

Aslah, T. Y., & dkk. (2017). Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetengan. E-Journal Teknik Informatika, Vol 11.

Hadi, A. S., & dkk. (2021). Aplikasi Edukasi Pemecahan Masalah pada Vulnerability Server Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol 7.

Hasanah, U. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web pada Toko Mimiy Online.

Heru Supriyono, A. N. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis untuk Perangkat Mobile Berbasis Anddroid. Jurnal Informatika Vol. 8, No. 2.

Indrajit, R. E. (2016). Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi.

Irwanto. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten. Jurnal Pendidikan, Vol 12.

Joni, & dkk. (2021). Perancangan Sistem Informasi Peminjaman Barang pada Chara Center Jambi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sistem Informasi, Vol 3.

Juliawan, D., & dkk. (2017). Aplikasi Peminjaman dan Pengembalian LCD Proyektor Berbasis Android dan Web Service. Jurnal IT, Vol 5.

Khasbi, I., & dkk. (2016). Sistem Informasi Peminjaman Ruang dan Barang di Universitas Muria Kudus Berbasis Web Menggunakan Fitur SMS Notification. Jurnal SIMETRIS, Vol 7.

Kholid, L. S. (2016). Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Web dan SMS Gateway.

Maimunah, & dkk. (2019). Perancangan Sistem Informasi Monitoring Permintaan Perlengkapan Peralatan Kantor Berbasis Web pada Pt.Tirtanusa Indotama. Jurnal Teknologi, Vol 5.

Maulani, G., & dkk. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Fasilitas Maintenance pada Pt.PLN (Persero) Tangerang. Jurnal Terbuka Raharja, Vol 4.

Mauludi, A. A. (2016). Rancangan Sistem Informasi Berbasis Website pada Program Observasi Keselamatan Kerja dan Pelaporan NEARMISS di Pt.Pertamina Geothermal Energy (Pt.PGE) Area Ulubelu Lampung.

Nisa, & dkk. (2020). Sistem Informasi Pondok Modern Daarussalam Al-Gontory Batam Menggunakan Framework Bootstrap. Jurnal Praktikum Pemrograman Web.

Perdana, R. C. (2016). Pengembangan dan Analisis Kualitas Sistem Informasi Rapat Berbasis Web Menggunakan SMS Gateway di SMK YPKK 1 Sleman.

Prakoso, S. T. (2020). Perancangan Sistem Informasi Peminjaman Alat Berbasis Web pada Mapala Se-Kota Malang. J-INTECH, Vol 8.

Pratama, M. L. (2020). Perancangan Sistem E-Learning Berbasis Website (Studi Kasus : SMP Negeri 2 Gamping).

Putra, M. Y., & dkk. (2021). Desain Web Bagi Pemula Menggunakan Framework Bootstrap pada SMK Taruna Bangsa Bekasi. Jurnal Buana Pengabdian, Vol 3.

Sayekti, A. A., & dkk. (2021). Instrumen Tes Berbasis Web Menggunakan Famework Codeigniter untuk Menilai Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Journal of Science Education, Vol 5.

Silaban, P. E. (2016). Aplikasi Peminjaman Alat Logistik Berbasis Web di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam.

Suryana, T. (2020). Pengenalan HTML. Universitas Komputer Indonesia.

Tampubolon, I. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Usaha Berbasis Website dengan PHP dan MYSQL.

Yang Agita Rindri, B. R. (2020). Penerapan Case-Based Reasoning untuk Perawatan dan Perbaikan Mesin di Jurusan Teknik Mesin Polman Babel . Jurnal Teknologi Manufaktur.

Yusuf Assya Bani Adam, N. A. (2019). Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Android Menggunakan CRUD SQLite.

Yusuf, D. (2017). Sistem Peminjaman Barang di Perusahaan Menggunakan Teknologi RFID. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, Vol 6.

Downloads

Published

22-02-2022

How to Cite

Mawar Jingga Ing Purwani, Yang Agita Rindri, & Irwan. (2022). RANCANG BANGUN SISTEM PEMINJAMAN MESIN DI BENGKEL MEKANIK POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANGKA BELITUNG BERBASIS WEBMESIN . Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Terapan, 2(01), 32–44. Retrieved from https://snitt.polman-babel.ac.id/index.php/snitt/article/view/150